14 December 2017

Broken Mirror

Have you watched Thor Ragnarok belom? If you haven't, I suggest you to watch it soon.

This post may become a little spoiler for those who haven't watched it tho. Jadi, alkisah kita gak akan banyak melihat Thor pake palu ajaibnya itu di pilem ini karena palunya... pecah. Thor feels he's powerless. Selama ini dia kan 'berlindung' di balik palu ajaibnya itu. Once gone, separuh jiwaku pergi, kalau kata Thor.

One moment pas dia lagi perang, tanpa palunya, dia uda pasrah bakal mati. Lucunya, beberapa detik sebelum dia dibabat habis si musuh, dia kayak ketemu bokapnya di alam lain dan bokapnya ingetin dia.. "Are you a god of hammer, or a god of lightning?" kira-kira doski ngomong begitu.

Tul ugak. Lalu si Thor sadar, lah iya.. Gwe kan dewa petir bukan dewa palu. Kekuatan gwe bukan di palu, tapi di petir. Mungkin si Thor kira-kira mikir begitu. Then dia mengumpulkan segenap kekuatannya buat datengin petir dari langit and fight against his enemy and he wins!

...

Kadang, or keseringan, kita kayak si Thor. Instead of inget kalau kita anaknya siapa, kita 'berlindung' di balik identitas. Berlindung di balik 'tuntutan' orang lain ke kita. Berlindung di balik 'kenyamanan', berlindung di balik 'status', berlindung di balik 'jabatan', berlindung di balik 'muka cantik, wajah ganteng, otak pinter'. Or whatever you name it.

Know what, that was what Satan does. Dia pengin kita punya paradigma kalau identitas kita ditentukan dari apa yang kita pegang. From visible things. Likes di setiap post? Followers di Instagram? Viewers di Youtube? Merk Handphone? Merk Laptop? All visible things, you name it.

What I want to say is, kalau apa yang ada di tangan kita lenyap, kita pasti jadi gampang merasa unworthy, unloved, lonely and desperate. Our identity is much more than that. Our identity leans on what is unseen. Kayak Thor, dia dewa petir, emang dia bawa petirnya kemana-mana? Gak. But He knows he got that power and authority.

Our identity is we are the sons and daughters of the Most High. Tapi kita sering lupa sama identitas kita sendiri gara-gara keasikan main sama apa yang kasat mata. Iblis tahu that identity is so powerful makanya dia bikin kita jadi lupa dan gak sadar sama identitas kita. Soalnya kalau kita sadar identitas kita, duh.. iblis mah langsung tergeletak di kaki kita. Beneran. Tapi gwe, dan elu kadang lupa that we have that BIG power. Kita malah terlena dengan segala lies yang dilemparkan sama iblis.

"Lu gak berharga. Lu tuh udah bikin dosa.."
"Lu gak berguna, lu bisa apa sih? Nyanyi fals, gambar jelek, muka cemongan, ngomong gak becus.."
"Gak ada yang sayang sama elu, followers aja dari 2 tahun lalu cuma 50 biji.. Duh!"

All those lies muter-muter di pikiran kita, and make our soul grow weary. Kita jadi apatis sama sekeliling, kita jadi bodo amat, whatever will be will be. Geeez!

This identity topic has been in my mind for 2 weeks. Dan lucunya, bisa-bisa kayak my surroundings juga bahas hal serupa. Di www.elijahlist.com ini salah satunya.


If you and I are aware with our identity as children of Christ, then how we think will change, how we see will change. How we act will change, how we speak will change. Because we know we have the POWER to control it. We have the POWER to make life to the death and death to the life.

.........
updated: i was plan to give this article's title is, "Your identity is your weapon." Tapi berminggu-minggu ini postingan cuma gwe save di draft dan belum gwe post entah kenapa. Then, something happened. Kemarin gue didoain pastor dari LA, he's a prophet. Banyak yang dia doain buat gwe. But one thing I remembered, dia bilang, selama ini gue melihat diri gue with a broken mirror. While God creates me so beautifully and perfect, I saw myself with broken mirror. Paham dong? Kalau kaca retak dan pecah, otomatis kita gak bisa lihat diri kita clearly. Yang idungnya aslinya mancung, di kaca jadi mencong. Some kind like that. Many things bisa bikin kaca kita retak dan pecah, omongan pedes orangtua, omongan negatif sahabat, omongan guru, pacar, all negative things. While, we all are created wonderfully and perfectly. So, masih mau ngaca pake broken mirror lagi? I am not.

0 comments: