24 August 2009

share some thoughts of my mind~

sekedar mau ngutarain pendapat nih.. tentang itu loh.. sengketa antara Indonesia ama negara tetangga.. Malaysia! yaa.. apalagi kalo bukan tentang hot issue tari pendet yang diclaim sebagai tari"an adat Malaysia.. selaen ituh.. ada juga reog dan batik asal Indonesia yang diclaim ama Malaysia sebagai miliknya..
semenjak berita itu beredar.. langsung heboh di kalangan masyarakat dan di kalangan facebookers.. langsung ngotot seakan" mereka adalah anak bangsa yang sangat cinta Indonesia dan punya semangat nasionalisme yang tinggi.. yang sangat sangat mencintai budaya Indonesia.. seakan" mereka bner" kehilangan budaya Indonesia tersebut..
hm~ sebenernya satu sihh di benak gwe.. do they really care about it?? do they really love Indonesia?? ato cuma sekedar pamer status ato sekedar nge-tweet yang berisi makian kepada negeri tetangga ituh.. karena mereka meng-claim budaya kita sebagai budaya mereka.. gwe bukan bermaksud untuk ngebela Malaysia loh.. gwe cuma mengutarakan what's on my mind..
apakah mereka yang memaki maki Malaysia benar" punya hati di Indonesia.. ato cuma sekedar pamer sok punya rasa nasionalisme tinggi.. jujur ajah.. gwe bukanlah anak bangsa yang setia.. alias hafal setiap nama" kebudayaan yang ada di Indonesia.. gwe juga bukan orang yang hafal siapa aja perumus naskah proklamasi..
setidaknya gwe anak bangsa yang pernah mendoakan bangsanya.. simpel kan? gwe bukan orang yang heboh update status nge bela Indonesia.. gwe cuma anak Indonesia yang mengharapkan yang terbaik untuk Indonesia dengan cara pray for the nation.. dan ironisnya.. kalimat
"sesuatu akan terasa berharga ketika kita kehilangannya"
bukan cuma berlaku untuk cinta..
tapi juga untuk kebudayaan bangsa.. sebelum konflik ini mencuat.. ada yang tau tari pendet dari Bali?? ada yang tau reog ponorogo itu apa? ada yang pernah bangga pakai batik..? mungkin ada.. tapi gak sebanyak sekarang kan? setelah kebudayaan itu 'direbut' sama negara sebelah..
setelah ada konflik ini.. makin banyak orang yang pakai batik.. makin banyak orang Indonesia yang belajar tari daerah.. yaa.. bukankah itu lebih baik buat kita? masalah hak kepemilikan.. kita serahin ajah deh ke pemerintah.. biarkan mereka bertindak sesuai dengan hukum yang ada..
saran gwe siihh.. hati" dengan apa yang kamu katakan.. apalagi depan publik.. dunia maya pula.. stop menghakimi Malaysia.. stop menghakimi pemerintah yang seakan gak berbuat apa".. stop cuma berkata" dan gak berbuat apa" untuk Indonesia...
a simple prayer for the nation makes a bigger effect than a thousands curse by words..

nb: ini cuma sejentik dari opini gwe.. maav kalo gak berkenan di hati pembaca.. =) peacee..


2 comments:

Dominique said...

wah tteen makin hebat yah bahasannya...hmmm..btw apa-apaan itu pikiran (sok)bijak si cantik?
hahahaha,jk

teeteen said...

hahaha...
sirik aja nihhh..
+.+