05 August 2014

#EXPANDEDCAMP

I don't even know how to start this post.. hm, it's gonna be quite long and maybe i'm gonna post this in Q&A typical to make me easy to tell hihi.. 

1. How was it?
It's AWESOME! 239 young people excited for Jesus dan bahkan di malam kedua, we started ppw night telat, jam 10 malam baru mulai and those teens and youth masih semangat loncat sana sini padahal the whole day abs main outdoor games 6 jam. The Presence of God was so strong even topik-topik kotbahnya ada beberapa yang melenceng dari what supposed to be shared in my opinion. Cuma bisa amazed what God has done through expanded camp.

2. What did you learn from this camp?
Above all, I learnt about FAITH. Faith that God who made this will be with us until the completion. Banyak hal yang terjadi di proses dari awal ide sampai akhir terselenggara yang sometimes bikin worry, as i said before, ada malam-malam dimana gwe nangis cuma bisa berserah sama Tuhan karena fear overwhelmed me. Tapi pada akhirnya, I see that God really be with us, dengan persiapan yang minim, tapi Tuhan yang menjadikannya sempurna. Banyak isu-isu miring yang bilang bakal kerusuhan lah, macet 9 jam lah, tapi semua itu gak kita lalui, semuanya Tuhan bikin aman.

Then I learnt about CAPACITY, being expanded bukan hanya sekedar dikasih kepercayaan yang besar sama Tuhan, tapi Tuhan tau kapasitas setiap kita, Tuhan tau batesannya sampai mana kita sanggup, kapan kita udah gak sanggup. Actually di awal, gwe sama my partner bikin target this camp untuk 350 orang, tapi ternyata Tuhan percayain 250 'saja' dan i'm so grateful Tuhan 'cuma' kasih segitu. Karena kalau Tuhan kasih beneran 350, kita gak punya enough mentor buat para peserta dan kita pasti keteteran. Dengan 250, semua peserta dapet mentor yang bisa guide mereka along the way.

I also learnt that, greatest feeling comes not from finding toilet when you're kebelet, but to be the VESSELS that God uses for this generation. Gwe, yang bukan siapa-siapa dan belom jadi apa-apa, God chose me from out of nowhere buat jadi ketua retreat, buat lead around 50 panitia dan dipercayain 250 peserta. Apa namanya kalau bukan kasih karunia? It made me burst into tears ngeliat anak-anak youth and teens semuanya super semangat di retreat kemarin ini dan bahkan days after, kebaktian JTC full pack semuanya, dan youth kemungkinan sangat besar sabtu depan juga akan ramai. It's super awesome how God works through you. :")

3. What is the thing you grateful for especially in this camp?
The TEAM! I couldn't ask for better team than them. Meski semuanya super sibuk karena kegiatan kerja dan kuliah masing-masing, meski mereka sense of urgency nya juga telat (H-7 baru pada kalang kabut cari ini itu), meskipun kita semua lack of experiences and jam terbang) tapi WE MADE IT guys! Anak-anak perlengkapan yang bangun paling pagi dan tidur paling subuh buat angkut-angkut barang beresin ini itu, anak-anak MC merangkup PPW yang suaranya abis di hari kedua malam saking seringnya teriak-teriak mulu, anak-anak acara dan para mentor, semuanya..... So proud!

Gambar 1: Perlengkapan crew!
Gambar 2: Tim advance at 1 am
Gambar 3: Peserta seru main human caterpillar
Gambar 4: Yopi, one of the best perlengkapan crew yang selalu put the smile on his face
Gambar 5: Tim ppw!
Gambar 6: My partner these past few months
Gambar 7: My awesome chief of creative division
Gambar 8: Para MC yang baterenya luar biasa
Gambar 9: PPW night, started at 10 pm but all of us still at very hype.

4. Pengalaman paling berkesan sepanjang retreat?
Duh.. susah jawabnya... agak banyak.. hihi.. 
Pertama, waktu ketiduran di hari kedua pagi! Bayangin, gwe, satu ketua retreat, satu ketua youth dan satu ketua acara, kita sekamar dan bisa-bisanya semua ketiduran dan baru bangun jam 7.30! Padahal acara dimulai dari 5.30!! HOAAAHHAHAHAHA! Bangun-bangun semua pada shock, lucunya gak ada yang cariin kita di kamar karena mereka pikir kita lagi sibuk urusin apa di tempat lain, taunya kita semua ketiduran! hehehehehe..

Kedua, waktu mau pulang, info yang kita dapet ternyata beda dari kenyataan, yang awalnya kita rencanain pulang jam 3 karena katanya one way turun, eh jam 3 malah ditutup one way naik, jadinya MA-CET TO-TAL! Kita akhirnya balik lagi ke hotel dan baru turun ke Jakarta jam 9 malam saat one way turun! AMAZING! Segala perasaan campur aduk disana..... Deg-degan karena beberapa orangtua komplain, agak ngeri karena beberapa ada yang udah mulai sakit, seneng karena banyaaak banget anak-anak yang malah semangat dan minta pengen nginep lagi, stress ngurusin makan malam dadakan, duh campur aduk. Tapi maybe that's the best choice dari Tuhan jadi gak perlu kejebak macet di jalan, kita turun ke Jakarta jam 9.20an dan sampai di senci jam 12 malam. 

Ketiga, waktu pertama kali para peserta nyampe yasmin hotel, bayangin..... tiba-tiba konslet dan keluar api di aula!! Akibat muatan di panggung terlalu banyak kayaknya jadi gak sanggup dan konslet terus kebakar yang lumayan mm menurut gwe, parah. Dan gwe cuma bisa bengong liatin yang lain heboh matiin apinya..... But still, God is good! Semua berjalan dengan baik dan above all, penyertaan Yuhan dahsyat banget.. :") And that's the most memorable moment we have ever experienced..

ps: masih pada semangat upload foto dengan hashtag #expandedcamp di IG! Wanna find out more? Go stalk yourself! :D


0 comments: